Thursday, 11 April 2013

JASA EDITING NASKAH


PERKEMBANGAN
SELF PUBLISHING DAN BUKU DIGITAL



Dunia penerbitan buku belakangan ini berkembang dengan sangat pesat. Beberapa tahun silam, seorang penulis harus rela menunggu tanpa kepastian selama berbulan-bulan dan berharap-harap cemas, apakah naskah yang dia kirim ke penerbit (baca: penerbit mayor) diterima ataukah ditolak? Jika ditolak, seorang penulis harus menerima kenyataan bahwa hasil tulisan yang dikerjakan dengan waktu, pikiran, dan tenaga yang tidak sedikit terpaksa kembali ke tangannya dengan keterangan bahwa naskahnya DITOLAK. Penolakan itu bisa jadi karena memang tulisannya jelek, atau karena tidak sesuai dengan selera penerbit tersebut.
Kini, dunia penerbitan buku sudah berubah. Teknologi POD (Print On Demand) telah mengubah dunia penerbitan buku. Dengan adanya POD, buku tidak harus dicetak dalam jumlah besar dalam sekali cetak, buku dapat dicetak sesuai dengan pesanan saja, bahkan untuk pesanan yang hanya satu eksemplar buku. Hal inilah yang memicu maraknya jasa self publishing. Di Indonesia sendiri, jasa self publishing sudah marak bermunculan. Mulai dari Dapur Buku, Writing Revolution, Nulis Buku, Leutika Prio, Halaman Moeka, Indie Publishing, dan lain sebagainya.
Namun, pelayanan self publisihing yang ada saat ini sepertinya masih kurang membebaskan penulis untuk waktu ke depannya, salah satunya ditandai dengan tidak diserahkannya file hasil penyuntingan naskah kepada penulis, meskipun sebenarnya bila diamati lebih lanjut, biaya penyuntingan sudah dibebankan kepada penulis pada tahap awal kerjasama (kecuali untuk paket yang memang sudah jelas tidak termasuk biaya penyuntingan). Tentu saja artikel ini tidak bermaksud untuk memojokkan jasa self publishing yang ada saat ini. Tentu kami sebagai penulis artikel ini tetap menghargai apa yang menjadi kebijakan mereka. Mereka tentu mempunyai pertimbangan sendiri atas kebijakan itu.
Karena itulah, bagi seorang penulis, apa tidak sebaiknya mencari jasa penyuntingan sendiri? Dengan begitu, file hasil penyuntingan benar-benar menjadi milik si penulis. Kemudian setelah itu, si penulis mencari percetakan yang menurutnya cocok dan murah. Bukankah kini tidak sulit mencari jasa percetakan yang murah plus menggratiskan biaya desain cover, setting layout, serta pengurusan ISBN? Tentu saja dengan syarat minimal order yang mereka tetapkan. Intinya, yang terpenting dalam hal ini adalah si penulis benar-benar memiliki file hasil penyuntingan secara utuh, sehingga bebas menentukan langkah selanjutnya atas naskahnya.
Bahkan saat ini, bersama maraknya peredaran perangkat PC Tablet dan E-book Reader, trend buku digital menjadi tidak terbendung lagi. Tentu hal ini semakin mempermudah penulis untuk menerbitkan naskahnya sendiri. Dengan cara ini, penerbitan suatu naskah hampir bisa dikatakan tidak membutuhkan biaya sama sekali (kecuali biaya penyuntingan, desain cover, setting layout, dan pengurusan ISBN). Kalau sudah begitu, masihkah penulis harus bergantung pada penerbit?
Dulu, penulis yang mencari penerbit untuk menerbitkan bukunya. Di masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan bahwa penerbitlah yang mencari penulis dan berharap agar naskahnya mau untuk diterbitkan oleh mereka, tapi penulisnya sudah 'lari' dan memilih menerbitkan naskahnya sendiri.
Bagaimana dengan pemasarannya? Tentu saja dengan promosi, seperti melalui blog, Facebook, Twitter dan lain sebagainya, semua itu bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan buku dengan cara yang sangat efisien. Bagaimanapun, emas tetaplah emas, jika memang buku tersebut bagus dan cara pemasarannya tepat, tentu pasar akan menerima dengan baik.
Overall, kalau bisa untung lebih besar dengan modal yang sangat sedikit, mengapa harus berbagi hasil dengan penerbit?
Demikian artikel singkat dari www.jasapenyuntingan.blogspot.com, semoga bermanfaat. Dan bila ada pembaca yang tidak berkenan atau keberatan, silahkan memberi komentar, kritik, atau saran.


JASA PENYUNTINGAN NASKAH




LAYANAN KAMI
Kami menerima jasa penyuntingan naskah secara profesional dengan tarif yang masuk akal. Penyuntingan dalam hal ini adalah aktivitas untuk merevisi naskah Anda dari segi bahasa dan keterbacaan. Penyuntingan mencakup koreksi terhadap hal-hal sebagai berikut:
  • Salah ketik.
  • Salah penggunaan tanda baca.
  • Tata bahasa dan EYD.
  • Efisiensi dan efektivitas bahasa.
  • Struktur kalimat yang salah.
Dalam melakukan penyuntingan, kami TIDAK akan:
  • Mengubah karakter asli atau gaya bahasa penulisan asli Anda.
  • Mengubah makna tulisan Anda.
Penyuntingan TIDAK mencangkup hal-hal yang berkaitan dengan kualitas tulisan (misal: naskah novel yang jalan ceritanya membosankan, karakter tokoh kurang kuat, ending-nya mudah ditebak, dan seterusnya), karena semua itu sudah berada di luar wewenang kami selaku editor. Jadi, Anda sendirilah yang harus memperbaiki kualitas tulisan Anda.
Mengutip istilah dari Pak Bambang Trim, ketua FEI (Forum Editor Indonesia), TAK ADA NASKAH YANG TAK RETAK, kami ingin mengungkapkan bahwa TAK ADA PENYUNTINGAN YANG TAK RETAK. Untuk itu kami ingin berkata jujur bahwa kami tidak menjamin hasil penyuntingan yang kami lakukan adalah bersih secara KESELURUHAN. Bagaimanapun, kami adalah manusia biasa sebagaimana Anda. Namun kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengoreksi tulisan Anda.


KETENTUAN LAYANAN
  • Harus mencantumkan dalam buku (baik cetak ataupun digital) bahwa penyunting buku terkait adalah JasaPenyuntingan.blogspot.com.
  • Kami akan sangat berterima kasih jika Anda bersedia memberikan satu eksemplar buku hasil penyuntingan kami tersebut kepada kami. Tapi hal ini bukanlah suatu keharusan, Anda boleh saja jika tidak bersedia memberikannya.


TARIF
Tarif yang kami tetapkan adalah antara Rp. 3000 sampai Rp. 10.000 per halaman, tergantung tingkat kesulitan dan banyaknya kata yang ada di setiap halaman. Kami akan mengkonfirmasikan harga real-nya setelah naskah masuk pada kami. Setelah itu, Anda dapat menyetujui untuk dilakukan penyuntingan ataupun membatalkannya. Dan tentu kami tidak akan menyalahgunakan naskah Anda tersebut.
MAAF, kami tidak menerima jasa penyuntingan yang hanya meliputi salah ketik dan tanda baca saja. Karena hal tersebut sangatlah percuma jika struktur kalimatnya salah, gaya bahasa bertele-tele, dan seterusnya.


LAMA PENGERJAAN
Standar lama pengerjaan adalah sekitar 2 minggu untuk setiap 100 halaman A4 sejak naskah kami terima dan kami mengkonfirmasikan harga real, serta Anda menyetujuinya. Lama pengerjaan juga tergantung dari antrian naskah yang masuk sebelumnya.


KONTAK
Ma'had Wicaksono
085 649 649 157 / 51DEF900
Perdoto No. 42 RT 01 RW 02 Sidokelar Paciran Lamongan Jawa Timur.


KIRIM NASKAH
Naskah dapat dikirim ke e-mail: jasapenyuntingan@gmail.com, setelah itu, silahkan konfirmasikan pengiriman naskah Anda via SMS, kami akan segera memeriksa dan mengkonfirmasikan kepada Anda tentang tarif real-nya secara keseluruhan.
Terima kasih.


No comments:

Post a comment